Sayyid Prof. Dr. Muhammad ibn
Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid ‘Abbas ibn Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki al-Hasani
al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di Makkah pada tahun 1365 H.
Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah, Mekah, dimana ayah beliau
Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki sebagai guru agama di sekolah tersebut yang
juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki, dekat Bab As-salam
Ayah
beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki (kelahiran Mekah th
1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Mekah. Disamping
aktif dalam berdakwah baik di Masjidil Haram atau di kota kota lainnya yang
berdekatan dengan kota Mekah seperti Thoif, Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki
adalah seorang alim ulama yang pertama kali memberikan ceramah di radio Saudi
setelah salat Jumat dengan judul “Hadist al-Jumah”. Begitu pula ayah beliau
adalah seorang Qadhi yang selalu di panggil masyarakat Mekah jika ada
perayaan pernikahan.Selama menjalankan tugas dakwah, Sayyid Alwi bin Abbas
Almaliki selalu membawa kedua putranya Muhammad dan Abbas. Mereka berdua
selalu mendampinginya kemana saja ia pergi dan berceramah baik di Mekah atau
di luar kota Mekah. Adapun yang meneruskan perjalanan dakwah setelah wafat
beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki dan Sayyid Abbas selalu
berurusan dengan kemaslahatan kehidupan ayahnya.
Sebagaimana
adat para Sadah dan Asyraf ahli Makkah,
Sayyid Alwi Almaliki selalu menggunakan pakaian yang berlainan dengan ulama
yang berada di sekitarnya. Beliau selalu mengenakan jubbah, serban (imamah)
dan burdah atau rida yang biasa digunakan dan dikenakan Asyraf Mekah.
Setelah
wafat Sayyid Alwi Almaliki, anaknya Sayyid Muhammad tampil sebagai penerus
ayahnya. Dan sebelumnya ia selalu mendapatkan sedikit kesulitan karena ia
merasa belum siap untuk menjadi pengganti ayahnya. Maka langkah pertama yang
diambil adalah ia melanjutkan studi dan ta’limnya terlebih dahulu. Beliau
berangkat ke Kairo dan Universitas al-Azhar Assyarifmerupakan
pilihannya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fakultas Hadith dan Ushuluddin
beliau kembali ke Mekah untuk melanjutkan perjalanan yang telah di tempuh
sang ayah. Disamping mengajar di Masjidi Haram di halaqah, beliau diangkat
sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul
Qura Mekah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan
tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tersebut, sampai beliau memutuskan
mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap
untuk membuka majlis ta’lim dan pondok di rumah beliau.
Adapun
pelajaran yang diberikan baik di masjid haram atau di rumah beliau tidak
berpoin kepada ilmu tertentu seperti di Universitas. Akan tetapi semua
pelajaran yang diberikannya bisa di terima semua masyarakat baik masyarakat
awam atau terpelajar, semua bisa menerima dan semua bisa mencicipi apa yang
diberikan Sayyid Maliki. Maka dari itu beliau selalu menitik-beratkan untuk
membuat rumah yang lebih besar dan bisa menampung lebih dari 500 murid per
hari yang biasa dilakukan selepas sholat Maghrib sampai Isya di rumahnya di
Hay al Rashifah. Begitu pula setiap bulan Ramadan dan hari raya beliau selalu
menerima semua tamu dan muridnya dengan tangan terbuka tanpa memilih golongan
atau derajat. Semua di sisinya sama tamu-tamu dan murid murid, semua mendapat
penghargaan yang sama dan semua mencicipi ilmu bersama-sama.
Dari rumah
beliau telah keluar ulama-ulama yang membawa panji Rasulullah ke seluruh
pelosok permukaan bumi. Di mana negara saja kita dapatkan murid beliau, di
India, Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apa lagi di Asia yang merupakan
sebagai orbit dakwah Sayyid Muhammad Almaliki, ribuan murid murid beliau
bukan hanya menjadi kyai dan ulama, akan tetapi tidak sedikit dari
murid-murid beliau yang masuk ke dalam pemerintahan.
Di samping
pengajian dan taklim yang rutin dilakukan setiap hari, beliau telah pula
berusaha mendirikan pondok yang jumlah santrinya tidak sedikit, semua berdatangan
dari seluruh penjuru dunia, belajar, makan, dan minum tanpa di pungut biaya
sepeser pun bahkan beliau memberikan beasiswa kepada para santri sebagai uang
saku. Setelah beberapa tahun belajar para santri dipulangkan ke negara-negara
mereka untuk menyiarkan agama.
Sayid
Muhammad Almaliki dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak
beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar dengan
hikmah dan mauidhah hasanah.thariqahnya.
Dalam
kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak
bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirannya. Semua yang
berlawanan diterima dengan sabar dan usaha menjawab dengan hikmah dan
menjelaskan suatu masalah dengan kenyataan dan dalil-dalil yang jitu, bukan
dengan emosi dan pertikaian yang tidak bermutu dan tak berkesudahan. Beliau
tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para ulamanya dan
ini memang yang diinginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan
rela digeser dari kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim beliau di
masjidil Haram. Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan
bahkan beliau selalu menghormati orang orang yang tidak bersependapat dan
sealiran dengannya, selagi mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber
dari al-Quran dan Sunah. Adapun ulama yang telah mendapat gemblengan dari
Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki, mereka pintar-pintar dan terpelajar. Di
samping menguasai bahasa Arab, mereka menguasai ilmu-ilmu agama yang cukup
untuk dijadikan marja’ dan referensi di negara-negara mereka. Beliau ingin
mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang berperilaku
baik dalam muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama, terhormat dalam
perbuatan, tindakan serta pikiran dan perasaannya. Beliau adalah orang cerdas
dan terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama.
Itulah ajaran utama Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima
dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran
dengannya atau tidak searah dengannya
Tulisan Beliau
Di samping
tugas beliau sebagai da’i, pengajar, pembibing, dosen, penceramah dan segala
bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi agama, beliau pula seorang pujangga
besar dan penulis unggul. Tidak kurang dari seratus buku yang telah
dikarangnya, semuanya beredar di seluruh dunia. Tidak sedikit dari
kitab-kitab beliau yang beredar telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris,
Prancis, Urdu, Indonesia dll.
Sayyid
Muhammad merupakan seorang penulis prolifik dan telah menghasilkan hampir
seratus buah kitab. Beliau telah menulis dalam pelbagai topik agama,
undang-undang, sosial serta sejarah, dan kebanyakan bukunya dianggap sebagai
rujukan utama dan perintis kepada topik yang dibicarakan dan dicadangkan
sebagai buku teks di Institusi-institusi Islam di seluruh dunia. Kita
sebutkan sebahagian hasilnya dalam pelbagai bidang:
Aqidah:
1. Mafahim
Yajib an Tusahhah
2. Manhaj
As-salaf fi Fahm An-Nusus
3.
At-Tahzir min at-Takfir
4. Huwa
Allah
5. Qul
Hazihi Sabeeli
6. Sharh
‘Aqidat al-‘Awam
Tafsir:
1. Zubdat
al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
2. Wa Huwa
bi al-Ufuq al-‘A’la
3.
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
4. Hawl
Khasa’is al-Quran
Hadith:
1.
Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith al-Sharif
2.
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3. Fadl
al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4. Anwar
al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik
Sirah:
1.
Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam) al-Insan al-Kamil
2. Tarikh
al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
3. ‘Urf
al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4.
Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5.
Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
6.
Zikriyat wa Munasabat
7.
Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
Usul:
1.
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
2. Sharh
Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3. Mafhum
al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah
Fiqh:
1.
Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
2.
Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
3. Abwab
al-Faraj
4.
Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
5.
Al-Husun al-Mani‘ah
6.
Mukhtasar Shawariq al-Anwar
Lain-lain:
1. Fi
Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah Makkah)
2.
Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian Berkaitan Orientalis)
3. Nazrat
al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
4.
Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik Dawah)
5. Ma La
‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6. Nizam
al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7.
Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan
Pengalaman)
8. Kashf
al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
9.
Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
10. Fi
Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11. Sharaf
al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12. Usul
al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13. Nur
al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau,
As-Sayyid Abbas)
14.
Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan Ijazah Bapa
beliau, As-Sayyid Alawi)
15.
Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan
Ijazah)
16.
Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
Senarai di
atas merupakan antara kitab As-Sayyid Muhammad yang telah dihasilkan dan
diterbitkan. Terdapat banyak lagi kitab yang tidak disebutkan dan juga yang
belum dicetak. Kita juga tidak menyebutkan banyak penghasilan turath yang
telah dikaji, dan diterbitkan buat pertama kali, dengan nota kaki dan
komentar dari As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya, sumbangan As-Sayyid
Muhammad amat agung. Banyak hasil kerja As-Sayyid Muhammad telah
diterjemahkan ke pelbagai bahasa.
Mafahim
Yujibu an-Tusahhah (Konsep-konsep yang perlu diluruskan) adalah salah satu
kitab karya Sayyid Muhammad yang bersinar layaknya suatu kemilau mutiara.
Inilah seorang manusia yang menantang rekan-rekan senegaranya, kaum
Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka dengan
menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Untuk
keberanian intelektualnya ini, Sayyid Muhammad dikucilkan dan dituduh sebagai
“seorang yang sesat”. Beliau pun dicekal dari kedudukannya sebagai pengajar
di Haram (yaitu di Masjidil Haram, Mekah). Kitab-kitab karya beliau dilarang,
bahkan kedudukan beliau sebagai professor di Umm ul-Qura pun dicabut. Beliau
ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun, dalam menghadapi semua hal
tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak menunjukkan kepahitan dan keluh
kesah. Beliau tak pernah menggunakan akal dan intelektualitasnya dalam amarah,
melainkan menyalurkannya untuk memperkuat orang lain dengan ilmu
(pengetahuan) dan tasawwuf.
Pada akhir
hayatnya yang berkenaan dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia,
beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil Haram Syeikh Sholeh bin
Abdurahman Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Mekah
yang diadakan pada tg 5 sd 9 Dhul Q’idah 1424 H dengan judul “Al-qhuluw
wal I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”, di sana beliau mendapat
kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf atau yang lebih
poluler disebut ajaran yang beraliran fundamentalis atau ekstremis. Dan dari
sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang sangat popular dikalangan
masyarakat Saudi yang berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad
Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang
dakwah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada
tanggal 11/11/1424 H, beliau mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah di
hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz yang isinya beliau selalu
menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara ulama dan menjalin persatuan dan
kesatuan da’wah.
Beliau
wafat meninggalkan 6 putra, Ahmad, Abdullah, Alwi, Ali, al- Hasan dan
al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu disini
.
Beliau
wafat hari jumat tg 15 ramadhan 1425 dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la
disamping kuburan istri Rasulallah Khadijah binti Khuailid ra. Dan yang
menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada di Mekah pada
saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang datang dari seluruh
pelosok negeri, baik dari luar Mekah atau dari luar negri. Semuanya
menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan
janazah beliau setelah disembahyangkan di Masjidil Haram ba’da sholat isya
yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama tiga
hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan
belasungkawa dan melakukan `aza’. Dan di hari terakhir `Aza, wakil Raja
Saudi, Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan Amir Sultan datang ke rumah beliau
untuk memberikan sambutan belasungkawa dan mengucapkan selamat tinggal kepada
pemimpin agama yang tidak bisa dilupakan umat.
Semoga
kita bisa meneladani beliau. Amin.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar